Adakah blogger instan?

bloggerKetika saya online via YM! saya ehm_caem, banyak sobat yang tanya kepada saya, “maz gimana supaya blog saya bagus, bagi-bagi dunk tipsnya?”, lalu saya menjawab “Wealah maz/mbak, wong saya sendiri juga masih belajar juga kok, nanti lama-lama juga bisa sendiri” (dalam perasaan saya sendiri ketika ditanya seperti itu, kadang saya merasa tinggi hati, lalu dengan segera saya tepis lagi, saya sadar bahwasanya semua blogger itu adalah sama). Tidak ada junior dan senior, menurut saya yang membedakan adalah jumlah jam terbang seseorang dalam berinteraksi dengan internet dan mengelola blognya.

Banyak sobat yang tanya, terutama adik-adik pramuka saya yang tanya bagaimana supaya bagus blognya. Ya itulah pertanyaan-pertanyaan yang kadang sering tidak bisa saya jawab, dan kadang pula, saya hanya merekomendasikan sebuah situs yang mengulas tentang tutorial blog bagi pemula. Dan tidak jarang pula saya hanya menjawab, “silahkan anda googling saja, semua ada disitu kok”. Ya untuk menjadi seorang blogger menurut saya yang dibutuhkan adalah kemauan untuk belajar dan membaca, karena apa?, dengan kemauan dan membaca itu adalah modal utama seorang untuk menjadi blogger, dengan banyak membaca, maka akan semakin tahu perkembangan tentang ngeblog, baik dari sisi desain blog, tata cara penulisan dan sebagainya yang intinya dengan membaca banyak tutorial tentang ngeblog, seorang blogger akan tahu bagaimana ia akan merangkai blognya sebagus mungkin.

Pengalaman saya, seperti saya singgung pada postingan catatan tutup tahun 2008 kemarin, sebelum saya beranjak dan berpindah rumah disini dengan alamat www.arifudin.net, saya mencoba terlebih dahulu dengan fasilitas penyedia blog online, blogger, blogsome, wordpress, friendster, semua saya coba. Dan mungkin saya dapat simpulkan bahwasanya bila kita ingin belajar mengoprek theme/template sebuah blog menurut saya lebih mudah menggunakan fasilitas dari blogger, yup disana kita bisa bebas memilih berbagai theme blog, sehingga kita lebih leluasa mengobark-abrik serta mempermaks dengan sesuai keinginan kita. baik dari segi fiturpun sekarang blogger pun tidak kalah dengan penyedia blog lainnya.

WordPress saya juga mencoba, dan saya masih terus menggunakan sampai sekarang. keunggulan wordpress menurut saya adalah ke-instannya, cepatnya untuk membangunnya. hanya register, pilih template, jadi dech. Dan menurut saya fitur yang ada dalam wordpress ini adalah cocok bagi seseorang blogger pemula yang tidak ingin tahu banyak tentang masalah coding. Sehingga kita bisa langsung bisa mengeluarkan, dan menuliskan ide-ide kita dalam blog kita dengan cepat. Dan wordpress ini selalu upgrade dari versi terdahulunya. Tapi kelemahan wordpress yang disediakan gratis bagi saya adalah kita tidak leluasa mengedit kode HTMLnya dan CSSnya, sehingga tampilannya hanya bisa dengan tampilan sesuai theme yang sudah disediakan.

Membaca sudah, menganalisis penyedia fasilitas blog gratis sudah, lalu yang perlu diperhatikan menurut saya adalah jam terbang seseorang blogger. Berapa lama kah kita memantengi monitor?, semakin lama jam nya maka akan semakin bertambah pula pengalaman dalam ngeblognya. Disini saya mengatakan lamanya jam terbang dalam berinternet adalah lamanya sesorang dalam mengelola blognya, bukan mengotak-atik yang lain (kan banyak hal-hal lain dalam internet). Jadi dibutuhkan waktu juga untuk mempunyai blog yang cakep kayak punya saya (hi.. la kok PD).

Tips saya bagi sobat blogger pemula, yang baru punya blog adalah kelola terlebih dahulu blog kita meskipun gratisan, karena banyak blog yang hanya gratisan juga bisa menghasilkan uang lho, kemudian rajin-rajinlah surfing dengan membaca tentang dunia perblogan, kemudian perbanyak jam terbang kita dalam ngeblog. InsyAlloh itu saja cukup untuk menjadi seorang blogger. Dan setelah kira-kira kita menguasai penuh blog kita yang gratisan, maka kita bisa membuat blog yang bersifat komersil, alias berbayar dengan menyewa hosting dan domain, sehingga blog kita lebih keren.

Jadi kesimpulan saya tentang adakah blogger instan?, maka saya menjawab tidak, semua hal pasti ada prosesnya, dan proses adalah membutuhkan waktu. Jadi kita harus bersabar, telaten, dan tetap semangat!… (maaf bila tulisan saya ini penuh ke-GR-an he…he…, saya hanya mencoba sharing kepada sobat semua tentang pengalaman ngeblog saya). See… you….. muach…

:mrgreen: 😉 :mrgreen: 😉 :mrgreen: 😉 :mrgreen: 😉

31 thoughts on “Adakah blogger instan?”

  1. :tob: Ia mas Menjadi Seorang Blogger tidak Instan Perlu Pengorbanan dan Pelajaran baik itu membaca, bertanya dan mencoba, setelah jerih payah itu sudah kita capai hasilnya pun membuat kita bangga alias puas atas apa yang kita Capai, saya ngblog sejak 2 tahun yang lalu pada tahun 2007. waktu SMA. dulu awalnya hanya sekedar ikut ikutan karena tertarik di media masa “Tabloid Komputer” awalnya gak tau apa apa dan setelah bertaun-tahun belajar dan mencoba Ternyata BISA kok. Gak ada masalah dengan lamanya kta belajar, yang penting seberapa besar kita menguasainya. Sukses Selalu dengan Blog-blognya mas.
    Salam dari

    http://dunia-blogger.blogspot.com

    Kutanya Lo Jawab’s last blog post..Situs Web atau Blog apa yang Sering Dikunjungi ?

  2. Sebuah proses memang butuh waktu. Namun masalah ngeblog ngga selalu masalah waktu. Saya sudah 8 tahun ngeblog rasanya masih saja kurang dibandingkan para blogger yang baru mulai ngeblog kurang dari 1 tahun.

    So yah… saya masih berpendapat kalau ini “Bukan tentang waktu” (Silakan lihat tulisannya di blog saya).

    Masalah WordPress, klo sudah menggunakan hosting sendiri saya lebih suka menggunakan WP. Lebih fleksibel di desain dan lebih banyak plugin yang bisa ditambahkan.

    Salam kenal…

    Deddy’s last blog post..Dunia yang Seperti Rumah Sakit

  3. Blogging adalah suatu proses, dan untuk menjalani proses itu dibutuhkan belajar, latihan, mencoba dan sekian kegiatan lainnya.

    Dari proses itu nanti baru akan muncul hasil, yaitu blogger yang semakin matang, baik dalam soal konten yang berkualitas, desain yang ciamik ataupun pemasaran yang berhasil (memikat pengunjung).

    Jadi memang harus selalu ada usaha untuk meraih sesuatu.

    Jafar Soddik’s last blog post..Doa ‘menuntut’ kepada Allah Swt.

  4. Yuuhhhuuu..
    Tidak ada blogger yg instan.
    Saya juga dulu begitu, mencoba dr yg gratisan, dan mulai mengenal istilah2 yg ada di dunia blog satu per satu.

    Saya sangat menyayangkan beberapa orang yg ingin nge-blog setelah memiliki domain sendiri. Hufh!
    Mau kapan toh mulai nge-blog-nya..

    :mikir:

    HeLL-dA’s last blog post..Friendly Blogger Award 2009

Leave a Reply