Fair Play

Ketika kita melihat sebuah pertandingan ISL yang ditayangkan di televisi swasta, maka ketika para pemain masuk, terlebih dahulu pasti akan beberapa anak yang membawa sebuah spanduk yang bertuliskan Fair play yang dibentangkan ketika para pemain sedang menayikan lagu bagimu negeri, bersalaman, kemudian berfoto. lalu apakah arti sebuah kata Fair play dalam pertandingan sepak bola?. Ketika saya cari-cari tentang makna dari Fair play maka yang saya temukan adalah dari wikipedia. Dan berikut ini petikannya :

Fair Play adalah nama sebuah program FIFA yang bertujuan untuk meningkatkan sportivitas serta mencegah diskriminasi dalam permainan sepak bola. Ini juga melibatkan program-program untuk mengurangi rasisme dalam permainan. Program meluas ke luar sepak bola, dalam usaha untuk mendukung organisasi amal dan lainnya yang memperbaiki kondisi di seluruh dunia.

Prinsip-prinsip program Fair Play dapat diringkas sebagai berikut:

  1. Bermain jujur.
  2. Bermain untuk menang, tapi menerima kekalahan dengan martabat
  3. Mengamati hukum permainan
  4. Menghormati lawan, tim-rekan, wasit, pejabat dan penonton
  5. Menggalakkan kepentingan sepak bola
  6. Kehormatan orang-orang yang mempertahankan reputasi baik sepak bola
  7. Tolak korupsi, obat-obatan, rasisme, kekerasan, perjudian, dan bahaya lain.
  8. Membantu orang lain untuk melawan tekanan merusak
  9. Mencela mereka yang berusaha untuk mendiskreditkan olahraga
  10. Gunakan sepak bola untuk membuat dunia yang lebih baik

Baik FIFA dan UEFA memiliki penghargaan yang mereka menyerahkan kepada individu atau kelompok orang yang telah dipromosikan apa yang mereka lihat sebagai semangat Fair Play, baik di dalam maupun di luar sepakbola. Contoh dari ini adalah pemain Italia Paolo Di Canio yang, sementara tidak diberi penghargaan, adalah ucapan selamat oleh banyak bagian dari dunia sepakbola untuk tampilan dermawan of Fair Play. Walaupun memiliki kesempatan mencetak gol ketika bermain untuk West Ham United melawan Everton, ketika Di Canio melihat penjaga gawang Everton telah memungut cedera, bukan penilaian apa yang bisa menjadi tujuan termudah kariernya, ia menangkap bola, sehingga berhenti bermain dan membiarkan kiper untuk menerima perawatan.

Dan tidak hanya para pemain saja yang harus fair play, tapi wasit juga harus dituntut memimpin pertandingan secara adil serta tidak memihak salah satu tim. Mungkin diIndonesia masih sering terdengar diberita bahwasnya masih saja sering terjadi kerusuhan saat bermain sepak bola yang meskipun sifatnya sudah tingkat nasional seperti ISL ini. Oleh karena itu perlu dipahami betul tentang makna dari fair play ini, supaya bagi pemain bisa bermain profesional, bagi wasit bisa memimpin pertandingan dengan baik, serta bagi para penonton tidak terjadi salah paham dan terlibat kerusuhan karena kurang begitu memahami tentang fair play.

Referensi : wikipedia

24 thoughts on “Fair Play”

Leave a Reply