Gathering ultah TPC

Pada hari jum’at 27 november 2009 setelah melaksanakan sholat jum’at, saya jalan-jalan ke Surabaya dalam rangka menghadiri hajatan yang dilaksanakan oleh Komunitas Blogger Surabaya tugupahlawan.com. Keberangkatan saya dari kota malang mewakili komunitas blogger warok kotareyog.com bersama teman saya Dafhy. Setelah sampai terminal bungur surabaya saya kontak panitia untuk dijemput, tepat pada pukul 16.30 wib saya sampai pada penginapan, selang berapa lama kemudian dafhy yang berangkat dari Ponorogo juga tiba. Pada malam harinya bersama teman-teman blogger Surabaya dan bapak sawali mengadakan makan malam dengan menu ayam goreng didekat masjid agung surabaya. hari pertama memang agak sedikit melelahkan setelah perjalanan sekitar dua jam setengah yang saya tempuh dari kota malang.

Pada hari sabtu pagi, setelah mandi dan makan pagi dengan menu lontong, para tamu undangan hajatan ultah TPC menuju gedung telkom Margoyoso lantai 7 menggunakan bus TNI yang telah disediakan oleh panitia untuk mengikuti seminar dengan topik “Kebebasan berekspresi lewat media online”, dengan moderator seorang blogger Surabaya dan Ponorogo yaitu Budiono HSM, serta dengan pembicara bapak wakil Wali kota Surabaya Drs. H Arif afandi, blogger bengawan Bapak Drs. sawali tuhusetya M.pd, dan Bapak Dony B U direktur ICT watch. Topik yang dibahas sangat menarik, karena kebebasan bereksprei lewat media online saat ini memang masih simpang siur, terutama karena ada UU ITE pasal 27 ayat 3 yang masih menjadi perdebatan dikalangan blogger dan netter lainnya. Selain topik yang menarik pada seminar tersebut, satu hal yang menarik lainnya adalah banyaknya door prize darp sponsor, dan saya sendiri mendapat sebuah payung (lumayan untuk pergi kekampus ketika hujan πŸ˜† ).

Setelah acara seminar selesai, pulang kembali ke penginapan yang bertempat di Wiswa Sejahtera BKM prov. Jawa Timur yang terletak di jalan Ketintang selatan no. 77 Surabaya untuk beristirahat sejenak. Kemudian pada malam harinya setelah makan malam, para blogger undangan yang berasal dari berbagai komunitas blogger Indonesia mengadakan ramah tamah. Dimulai dengan perkenalan antar blogger, kemudian membahas kembali tentang UU 27 ayat 3 ITE. Diskusi sangat menarik sampai tidak terasa jam didinding menunjukan pukul 22.00 wib.

Pada hari berikutnya adalah hari dimana para blogger jalan keberbagai tempat menarik yang ada di Surabaya. Pertama adalah kunjungan ke House of Sampoerna yang terletak dijalan taman sampoerna 6 surabaya. Setelah tiba dilokasi, langsung disambut oleh pemilik house of sampoerna yang dilanjutkan dengan mengelilingi kota tua surabaya dengan menggunakan SHT yaitu Surabaya Heritage track, sebuah bus yang dirancang khusus untuk meneglilingi kota bersejarah didaerah kota Surabaya yang ditemani oleh seorang pemandu. Pemandu menjelaskan daerah-daerah serta bangunan-bangunan masa penjejahan belanda yang hingga kini masih ada dan beserta sejarahnya pada saat jamannya.

Masih menggunakan SHT (Surabaya heritage track), mampir sekitar 10 menit di gedung pemuda yang dimana disana adalah tempat dimana para turis asing dan lokal bisa mendapatkan informasi tentang pariwisata surabaya, dan pada saat blogger tiba disana kebetulan juga ada pertunjukan seni reyog sehingga bisa mengambil beberapa jepret foto kesenian yang berasal dari Ponorogo tersebut. Perjalanan dilanjutkan ke Monumen nasional Tugu Pahlawan dan Musium Sepuluh november yang berada di lapangan tugu pahlawan yang terkenal sebagai tujuan wisata Surabaya yang didirikan untuk kebanggaan atas kemenangan arek-arek suroboyo pada pertempuran heroik tanggal 10 november 1945. Setelah puas foto-foto dan menikmati suasana sekitar tugu pahlawan, selanjutnya perjalanan kembali menuju ke House of Sampoerna.

House of sampoerna sendiri adalah sebuah musium sejarah dari merk rokok terkenal. Disana ketika pertama kali masuk musium langsung tercium aroma khas tembakau yang harum, disana para bloger dipandu oleh pemandu menyimak serta memperhatikan setiap detai yang dijelaskan tentang sejarah sampoerna dari masa ke masa hingga saat ini. Setelah puas dan lelah keliling musium house of sampoerna, istirahat sejenak dengan gorengan serta minuman es teh.

Perjalanan dilanjutkan lagi, tapi sudah tidak lagi menggunakan bus SHT, tapi bus biasa dengan rute yang cukup membuat gerah para blogger, yaituΒ  jembatan panjang Suramadu. Karena memang suasananya yang lumayan panas, kaos yang saya kenakan sampai-sampai basah oleh keringan. Menyusuri jembatan Suramadu bersama para blogger tentunya sangat seru, dan tidak lupa mengambil beberapa jepretan foto untuk kenang-kenangan meski dalam kendaraan yang tetap jalan karena memang dalam melintasi jembatan ini, setiap pengendara tidak diperbolehkan untuk berhenti meski hanya untuk mengambil foto. Setelah sampai dipulau Madura, bus pun berbalik menuju ke penginapan untuk makan siang dan persiapan untuk pulang kedaerah masing-masing.

Pada pukul kurang lebih setengah tiga sore berpamitan dengan teman-teman blogger tuan rumah komunitas blogger surabaya. Dan saya langsung menuju kembali kota Malang, dan sampai pada pukul 15.30 wib. Dan wow… luar biasa jalan-jalan kali ini, menarik, unik, berkesan. dan akhirnya saya pribadi dan mewakili komunitas blogger ponorogo kotareyog.com mengucapkan Selamat Ulang tahun yang kedua kepada Komunitas Blogger Surabaya Tugupahlawan.com, moga makin eksis dan kompak selalu. Semangat!…

23 thoughts on “Gathering ultah TPC”

  1. lho kok cerita tentang kita di oven bus yang bikin keringat bercucuran itu gak di ceritakan sih 😎 padahal itu merupakan pengalaman terindah yang tak pernah terlupakan ttg ultah tpc lho :mrgreen:

  2. wah sayangnya saya nggak bisa ikut karena ada acara lamaran keponakan saya.
    Sukses kan acaranya.

    —OOT—

    Rasa cinta pasti ada
    Pada makhluk yang bernyawa
    Sejak dulu hinggi kini
    Tetap suci dan abadi
    Tak kan hilang selamanya
    Sampai datang akhir masa
    (Lagu Renungkanlah, ciptaan dan dinyanyikan siapa ya,lupa…)
    ——–
    Apakah anda mempunya rasa cinta ? Jika ada tuangkanlah dalam puisi dan daftarkan pada acara PARADE PUISI CINTA di http://abdulcholik.com/acara-unggulan/acara-unggulan-parade-puisi-cinta
    Sahabat yang lain sudah disana semua,tinggal menunggu puisi anda. Hadiahnya menarik lho, maka segera ikuti acara unggulan ini.
    Salam hangat dari Surabaya

  3. Sayang sekali saya gak ikut jalan-jalan keliling SUrabaya bersama Blogger… Tapi saya sangat senang dengan sambutan panitia dan teman2 Blogger.. Semoga kebersamaan ini selalu terjalin..

    Kalau mau lihat photo versi saya, bisa ditemukan di bloggerbekasi.com/2009/11/30/laporan-kunjungan-ultah-tpc.html

  4. sungguh sayang, saya ndak bisa ikutan ramai2 pada hari minggunya, mas arif, saya mendahuluinya, hehe … karena sudah terlalu lama meninggalkan rumah, haks. senang sekali bisa kembali bertemu dg mas arif dan temen2 blogger yang lain. salam kreatif.

Leave a Reply