Inverter LCD laptop

Ketika laptop saya yang toshiba tecra saya rusak pada monitornya, dan saya bawa ke tukang service, saya  dikabari bahwa LCD laptop saya rusak dibagian inverternya. Saya saat ini hanya mantuk-mantuk saja, sok tahu :mrgreen: , yang sebenarnya belum tahu apa itu inverter. Dan sedikit diberi tahu oleh si tukang service, “ini mas, inverter itu semacam penyuplai cahaya ke LCD”, dalam hati saya masih mantuk-mantuk saja :mrgreen: , padahal juga masih bingung. Untuk menghilangkan rasa penasaran saya tentang inverter, saya coba cari-cari pengertiannya. Dan memang sangat banyak ketika kita ngetik kata “inverter” di google yang muncul.

Dan dari artikel-artikel yang saya kumpulkan dan rangkum, inverter adalah sebuah alat yang mengubah listrik arus searah (DC) ke alternating current (AC)  yang dihasilkan dapat di setiap diperlukan tegangan dan frekuensi dengan menggunakan transformator yang tepat, switching, dan kontrol sirkuit. Sedangkan inverter LCD laptop adalah sebuah papan sirkuit kecil  (biasanya sebesar pena). Tanpa inverter, cahaya layar LCD  akan terlalu lemah. Dengan mengendalikan output dari inverter, laptop dapat menyesuaikan kecerahan dari layar. Beberapa jenis laptop inverter dapat melakukan ini secara otomatis dengan menggunakan sensor kecil untuk mendeteksi seberapa terang ruangan, dan menyesuaikan output yang sesuai.

LCD laptop diterangi oleh satu atau dua lampu neon tipis yang membutuhkan tegangan yang lebih tinggi dari pada komponen komputer lainnya. Inverter biasanya ditempatkan dekat dengan lampu, untuk menjaga kekuatan kabel yang pendek. Selain menggunakan inverter beberapa laptop menggunakan dioda untuk memancarkan cahaya putih (LED). Laptop ini tidak memerlukan inverter sama sekali, karena LED dapat mengangkat cahaya LCD.

Seperti halnya komponen elektronik, kesalahan dapat terjadi dalam laptop inverter, terutama setelah bertahun-tahun digunakan. Gejala umum termasuk layar berkedip-kedip on dan off, layar tampak terlalu lemah untuk membaca, dan bahkan kadang-kadang samar. Perlu dicatat bahwa ada kemungkinan penyebab lain untuk semua gejala ini, yang terbaik laptop didiagnosis oleh teknisi profesional. Jika ditemukan rusak, laptop inverter biasanya bisa diganti.

Setiap model laptop akan memiliki desain inverter tertentu. Menggantikan inverter adalah relatif cepat dan murah, dan biasanya lebih efektif daripada diperbaiki. Proses penggantian hanya melibatkan mengeluarkan layar panel, mencabut inverter tua, dan menggantikannya dengan yang baru.

* referensi : wisegeek, wikipedia

* gambar : Cobolhacker, laptoprepair101

37 thoughts on “Inverter LCD laptop”

  1. wah ngebahas laptop kebetulan minggu depan saya ada rencana mau beli, btw.. ada referensi gak laptop bagus buat game, berkisar 12 jtan kalau bisa jangan lebih dan video cardnya dedicate.?? klo ada kasih tau Yak?

  2. Artikel bagus. Awalnya saya juga tidak percaya bahwa setiap ada masalah di layar LCD selalu LCD nya yang pertamakali disebut rusak.ternyata belum tentu, saya sendiri jg pernah bongkar inverter acer 14″, memang bentuknya hampir sama dan juga sering bermasalah.pelajaran bagus buat kita semua bahwa ada inverter LCD yg juga cepat rusak krn over voltage.thx a lot.

  3. salam kenal mas…
    kalo saya punya laptop compac evo n410 c
    walau jadul tapi banyak kerjannya…
    gini mas saya mo tanya
    lcd kadang nyala kadang enggga jadi bingung ama sy
    dah dicoba dibuka , bisa nyala tapi pas dinyalain lagi
    eh malah mati lagi gimana ya minta penerangannya ke e-mail ku aja ok
    makasih bangit

Leave a Reply