Key of Success

Pada saat pertemuan salah satu mata kuliyah, bapak dosen membuka mata kuliyahnya dengan pesan singkatnya, yaitu kunci sukses seseorang. Kunci tersebut namanya adalah bumbu makanan yang sering kita jumpai. Beliau bapak dosen sharing tentang key of success atau kunci kesuksesan yang disingkat dengan bumbu makanan yaitu PETIS.

  • P : Huruf P yang pertama adalah berarti profesional. Disini saya mencoba menjabarkan, siapapun kita, apapun aktivitas kita, serta apapun latar belakang kita, bila kita hidup dengan profesionallitas maka insyAlloh kita akan sukses. Profesional dalam mengatur waktu, manajeman kerja, serta profesional dalam segala hal, segala bidang, ini adalah kunci sukses.
  • E : kemudian huruf E adalah Etika. nah disini saya mencoba mengulang kata dosen tersebut, bahwasanya seprofesional apapun seseorang bila tidak dibarengi dengan etika maka ke-profesionalitasnya tersebut tidak ada gunanya sama sekali. Etika atau sopan santun sangat penting bagi sesorang. banyak orang yang berhasil hanya dengan modal etika, karena orang yang beretika akan selalu “welcome any where”.
  • T : Huruf T berartiadalah terampil. Terampil sesuai denagn apa yang menjadi ahlinya. Segera menyelesaikan apa yang menjadi kewajibannya dan selesai tepat pada waktunya.
  • I : Huruf Iartinya inovatif. Disini inovatif adalah selalu berinovasi untuk maju, mencari celah-celah untuk sukses. Tidak mati gaya dan selalu kreatif.
  • S : Artinya spiritualitas. Seberapapun usaha kita, kepintaran kita, profesionalitas kita, inovatif kita bila tidak diseimbangkan dengan spiritualitas kita maka semua itu akan sia-sia. Pepatah juga mengatakan bila suatu usaha tidak dibarengi denga do’a ataupun ibadah yang kuat maka bila usaha tersebut berhasilpun maka hasilnya tidak akan merasa cukup atapun membuat hati tenang dan bahagia.

Nah bila semua kunci tersebut kita jalankan, insyAlloh usaha kita tidak akan sia-sia. Mempertahankan sesuatu agar tetap menjadi terbaik adalah lebih susah dari pada untuk meraihnya. Banyak orang yang sudah sukses, banyak bergelimang harta, perusahaan dimana-mana malah bertindak tidak pada mestinya, banyak bos-bos selingkuh. Kata SELINGKUH kali ini adalah akrnim dari “selingan keluarga indah utuh”, karena mungkin point yang terkahir tadi adalah ibarat sebuah bangunan yang mana bila banngunan tersebut sudah semaikn tingggi, maka angin datas juga semaki kencang menerpanya. Dan biasanya bila sudah seperti ini, orang akan sering DUGEM, yaitu “Dunia Gempar”. Layaknya artis-artis saat ini banyak yang berita rumah tangganya yang menjadi gempar gara-gara rumah tangganya tidak harmonis.

Maka dari itu mari kita coba sering-sering makan rujak PETIS (tapi tidak pakai kata rujak he..he..), Profesional, beretika, terampil, inovatif, dan spiritualitas dalam kehidupan sehari-hari.**

22 thoughts on “Key of Success”

  1. Pasti yg bikin key of success itu dah pernah jungkir balik berjuang tanpa key, jadi setelah sukses baru bisa nyimpulkan. Kayaknya tdk semudah itu menerapkan bersama-sama, sudah nyoba aja tantangannya banyak apalagi yg blm nyoba. So…..mari berusaha sukses dan rasakan struggle of real life, ntar kan bisa buat key of success sendiri.

    Masnur’s last blog post..Resep cespleng istriku

Leave a Reply