Lanjutkan VS Laksanakan

Apasih bedanya kata lanjutkan dan laksanakan?, emm… emang agak sulit membedakan kedua kata tersebut. Lanjutkan, berarti memberikan perintah kepada seseorang untuk melanjutkan sesuatu. Laksakan, berarti memerintah seseorang untuk melaksanakan sesuatu juga. Ya kalau bisa dibilang beda-beda tipislah. Ya intinnya menurut saya adalah sama. Nah kenapa saya ingin posting dengan tema kata-kata tersebut?, karena saya membaca berita disini. Yaitu Presiden SBY sedang mengikuti upacara pramuka dan menjadi pembina upacara.

Kata “Lanjutkan” dan “Laksanakan” memang lazim diucapkan sebagai instruksi oleh seorang pembina upacara usai menerima laporan dari pemimpin upacara.

Namun, kata itu menjadi serasa lain ketika diucapkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono. Terlebih dalam momentum menjelang pemilihan umum presiden.

Peristiwa itu pun terjadi di acara pembukaan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Presiden SBY yang bertindak sebagai pembina upacara di awal acara pun mendapat laporan dari pemimpin upacara.

“Lapor, pembukaan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara tahun 2009 siap dilaksanakan,” ujar sang pemimpin upacara di tengah lapang Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Rabu (17/6/2009).

SBY pun langsung menjawab dengan tegas, “Lanjutkan.” Mendengar SBY mengucapkan kata yang menjadi tagline kampanyenya itu sontak peserta upacara dan undangan yang hadir memberikan tepuk tangan. Suasananya pun sedikit ramai karena banyak yang langsung berkomentar.

Namun, instruksi “Lanjutkan” tak lagi diucapkan SBY yang menjabat Ketua Majelis Pembimbing Nasional Pramuka ketika menerima laporan pembacaan teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan Dasa Dharma Pramuka. Sebagai ganti kata “Lanjutkan”, SBY menjawab laporan dari pemimpin upacara dengan kata, “Laksanakan.”

Memang kedua kata tersebut menurut saya adalah biasa di gunakan pada setiap upacara-upacara, namun karena sekarang suasana sedang panas-panasnya kampanye para capres cawapres ya rasanya jadi lain. Jadi seakan-akan waktu yang tepat untuk bilang lanjutkan. bagaimana menurut sobat.**

Sumber referensi : news.okezone.com

12 thoughts on “Lanjutkan VS Laksanakan”

Leave a Reply