Menembak Cinta ala sales

Pernahkah sobat melihat cara sales bekerja menawarkan produknya kepada konsumen, atau melihat sales sedang memprospek seseorang untuk bergabung dalam suatu jaringan MLM?. ya tentunya sudah tidak asing lagi akan segala sepak terjang serta jurus-jurus seorang sales yang pastinya sudah mempunyai ilmu yang bernama salesmanship.

Banyak yang bilang bahwa ilmu salesmanship adalah ilmu tertua yang ada didunia ini, bahkan semenjak manusia diciptakan didunia ini, ilmu salesmanship sudah dilaksanakan, hanya saja waktu itu belum ada yang menamakan bahwa perilaku itu termasuk pelaksanaan salesmanship 😉 .

Dan ilmu salesmanship juga bisa diterap kan dalam segala bidang pekerjaan, baik perdagangan, bisnis MLM, mencari dukungan, dan masih banyak lagi. Unsur salesmanship ada 8. Mungkin kita bisa ambil contoh kecil dari pengalaman kita sehari-hari, contohnya seperti jika kita akan menembak seseorang cowok/cewek yang sudah lama dalam daftar list penembakan :mrgreen: . OK langsung saja, yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Prospecting : yaitu mengumpulkan data-data sasaran tembak yang akan dibidik. data ini contohnya, (kalau cewek) harus tinggi semampai, cantik, pintar IPK diatas rata-rata 3 😆 , beriman dan lain-lain.
  • Sales Call : nah setelah di Prospect, maka langkah selanjutnya adalah membuat janji atau dalam bahasa inggris sales call. dalam membuat janji, kita bisa menggunakan jasa HP, atau orang ketiga yang ada didekatnya. Tentukan waktu dan tempat yang sekiranya mendukung dalam langkah berikutnya.
  • Gate keeper : Yaitu melumpuhkan halangan yang ada didepan sasaran tembak. Contonya adalah seperti, bapak kost yang galak, gerbang yang tinggi, satpam, ataupun bisa juga anjing galak :mrgreen: .
  • Presentasi : Setelah semua halangan dapat diatasi maka bisa bertemu dengan sasaran, maka langkah yang harus dilakukan adalah presentasi. Presentasi disini bisa diartikan PDKT dan penembakan yaitu memberikan kata I LOVE U” pada sasaran 😉 .
  • Negosiasi : mungkin sasaran setelah mendapatkan tembakan dari kita akan berfikir beribu-ribu kali, maka disini kita harus negosiasi. Mungkin sasaran masih dalam masa menempuh studi, atau masih mau minta izin sama orang tuanya, maka disini kita harus pintar-pintar nego 😆 .
  • Handling rejecting : Nah setelah proses negosiasi yang panjang dan lebar :mrgreen: tentunya kita akan mendapat keputusan, ditolak atau diterima, ya hanya dua pilihan tersebut. Disini tentunya kita juga harus sudah siap jika mendapatkan keputusan yang tidak diinginkan alias ditolak, kita harus mencari tahu apa kekurangan kita dan berbesar hati dan jangan bersedih :( .
  • Closing : kita telah mendapatkan keputusan ya atau tidak diterima, itulah closing. jika ditolak apa langkah kita selanjutnya, dan apa yang selanjutnya kita lakukan jika diterima :) .
  • Service : layaknya seorang sales, bila kita diterima kita wajib memberikan service yang memuaskan kepada konsumen kita yang telah menerima tawaran kita. Begitu juga dengan yang kita lakukan terhadap sasaran kita, yaitu dengan memberikan rasa kasih sayang 😉 .

Ya itulah sedikit gambaran tentang ilmu salesmanship jika diterapkan dalam mencari belahan jiwa 😉 , OK selamat dan sukses bagi kita semua!!…**

Sumber gambar : link

28 thoughts on “Menembak Cinta ala sales”

  1. Marketing atau sales girl biasanya sudahj dibekali ilmu purel sehingga mereka ngomiong terus walau kita nggak mendengarkan.Dia berhenti ngomong setelah kita bilang ” Maaf saya tidak tertarik ”
    Salam hangat dari Surabaya

Leave a Reply