Pemanfaatan sosial media

Bagi saya sosial media adalah media paling cepat diantara media-media lainnya dalam penyebaran sebuah informasi. Tak ada sebuah filter yang terlalu ketat dan semua orang bisa menyebarkan semua informasi kapanpun dan dimanapun. Itulah keberadaan sosial media. bahkan kekuatan sosial bisa lebih  besar, karena bisa menggalang massa dengan waktu yang cepat. Selain itu untuk perkembangan dunia bisnis, keberadaan facebook sebagai salah satu sosial media terbesar penggunannya di negara Indonesia setelah Amerika (versi checkfacebook.com), sangat luar biasa dampaknya. Yang semua para penjual barang online berjualan harus punya minimal sebuah website yang dijadikan sebagai sebuah etalasenya, maka dengan keberadaan sosial media, siapapun bisa berjualan hanya dengan modal akun facebook.

Selain itu, sebuah perusahaan besar juga menggunakan situs jejaring untuk membangun citra perusaahan, biasanya dengan menggunakan sebuah fans page facebook dan akun twitter resmi sebagai penyebaran informasi perkembangan sebuah perusahaan. Jadi sekarang sebuah website resmi hanya dijadikan informasi pokok tentang sebuah perusahaan, dan informasi tentang perkembangannya bisa diupdate hanya lewat situs jejaring.

Kembali ke masalah jualan online. Ada yang bilang bahwa prospek jualan sesuatu lewat situs jejaring mempunyai prospek yang sangat bagus, karena apa?, ya saat ini banyak orang bahkan setiap orang membuka situs jejaring meski hanya dari media ponsel. Jadi tidak heran, penjualan online yang hanya modal akun facebook dan sebuah foto barang yang akan dijual bisa laku keras dari pada yang dijual di website toko online. Karena sebuah website belum tentu dikunjungi orang tiap hari, kalau belum mempunyai brand dan SEO yang bagus.

Seorang artis yang punya follower hampir jutaan di akun  twitternya, bisa menggalang dana dari setiap followernya hanya dengan menggunakan kata-kata ajakan di tweetnya. Bayangkan saja bila setiap follower menyumbang uang Rp. 1000 saja kali satu juta, kan jumlahnya sudah lumayan. Selain itu banyak pengguna twitter aktif, me-retweet ulang tweet yang dianggap penting, misal “warga pengungsi merapi membutuhkan bantuan selimut dan bahan makanan pokok, donasi bisa dilakukan no rekening blabla”, jadi pada kesimpulannya kecepatan informasi pada sosial media begitu mainstream, begitu luar biasa kecepatannya.

Keberadaan sosial media pula memudahkan kita mengadakan reuni, ya kumpul-kumpul bareng teman lama. Teman-teman TK, SD, SMP, SMA, dst. bahkan ada pula yang menyebutkan bahwa keberadaan sosial media saat ini “mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang  dekat”, kenapa bisa begitu, ya memang karena dengan adanya sosial media, jarak tak jadi soal untuk berkomunikasi, tapi juga mempunyai  efek terhadap sekitar kita, yakni merasa “menjauhkan yang dekat” (padahal orangnya disamping kita tapi saling reply status) .

Bak pisau, sosial media juga bisa menjadi bomerang bagi penggunanya bila tidak hati-hati menggunakannya. Sudah banyak di beritakan kejadian-kejadian negatif yang hanya diakibatkan oleh kurang pemahaman terhadap efek dari penggunaan sosial media. Maka mari kita manfaatkan sebaik-baiknya.

referensi gambar : checkfacebook.com

7 thoughts on “Pemanfaatan sosial media”

Leave a Reply