Referensi ngeblog

inspirasiKadang kala kita sebagai seorang blogger kehabisan inspirasi untuk bahanย  ngeblog, itu juga saya rasakan sendiri. Tidak ada lagi dalam pikiran, apa yang akan dituangkan dalam ketikan keyboard ketika kehabisan ide. Untuk itu saya berbagi pengalaman ketika sedang dalam keadaan mati gaya atau mati dalam menuangkan inspirasi ngeblog.

  • Berita TV, saya selalu menonton berita setiap hari, karena saya anggap berita yang ada ditelevisi bisa aktual dan paling cepat. Biasanya dengan melihat berita, kitapun bisa mengambil keyword-keyword yang lagi trend saat ini. contohnya kemarin yang barusan adalah panas-panasnya antara “cicak dan buaya“.
  • Media cetak, saya sering menggunakan majalah yang saya baca, saya jadikan sumber referensi ngeblog. baik itu berupa tutorial, tips, dan juga topik-topik yang lagi hangat.
  • Situs portal, biasanya saya sebelum menulis, saya cek dulu di situs-situs berita. Situs-situs tersebut juga sering menjadi buah inspirasi dalam ngeblog, karena biasanya dalam situs portal ada unsur lebihnya dari pada TV, yaitu berita-berita kejadian yang ada dijagad maya ini pembahasanya lebih detail. contohnya kasus evan brimob kemarin (dibahas berulang-ulang).
  • Buku, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan media cetak, Tapi buku bisa dijadikan sebuah sumber referensi yang spesifik, karena hanya membahas satu topik saja. selain itu juga sebagai sumber yang terpercaya, karena diterbitkan oleh penerbit yang telah memiliki ijin, serta tulisan yang telah disaring oleh para editor.
  • Diary, didengar memang sepele, tapi bagi saya menulis diary diblog kadang sangat menyenangkan, tapi dalam menulis kita harus selalu ada batasan, jangan terlalu blak-blakan. menulis diary diblog tidak bisa se-bebas menulis di buku yang bisa disimpan di almari.
  • Jalan-jalan, jangan lupa saat kita jalan-jalan bersama keluarga untuk selalu menuliskan dalam blog (reportase), apalagi saat ketika kita mengunjungi sebuah tempat yang unik dan menarik, pasti tentunya banyak yang tertarik dengan tulisan cerita kita dan ditambah lagi foto-foto yang seru.
  • Pengalaman baru, kita pasti senang kalau dapat pengalaman baru, dan itu juga tidak ada salahnya untuk dijadikan topik ngeblog, contohnya “ketika saya baru bisa instal ubuntu”.

Ya itulah sedikit referensi yang sering saya gunakan ketika sedang kehilangan inspirasi dalam ngeblog, bagaimana dengan sobat?, apakah sama?. ๐Ÿ˜‰ **

22 thoughts on “Referensi ngeblog”

Leave a Reply