Saatnya musim tanam padi

quick 1000Ketika  saat pulang kerumah untuk mengambil bekal, saya sempatkan membantu bapak disawah untuk menggarap lahan untuk persemaian yang akan ditaburi benih padi, karena musim tanam padi akan segera datang. Dan  untuk mengolah tanah persemaian (ngurit dalam bahasa jawa ponorogo ;) ) seperti biasa harus terlebih dahulu dibajak dengan traktor tua yang sudah beberapa lama dimiliki. fungsi dari membajak sendiri adalah untuk membalik tanah agar ringkat kesuburan tanah dapat bertambah, selain itu juga untuk mematikan rumput yang mengganggu tanaman.

Dengan menggunakan traktor quick G1000 dengan mesin kobota diesel, bersama dengan paman membajak lahan untuk persemaian. Sebelum dibajak lahan harus diberi pengairan yang cukup, ini dilakukan agar kinerja traktor tidak terlalu berat. Pengairannya sendiri menggunakan mesin diesel, karena musim hujan masih belum begitu tinggi intensitasnya. Setelah dibajak, maka selanjutnya adalah proses perataan tanah (di garu dalam bahasa jawa ;) ) .  Setelah itu barulah benih padi siap ditaburkan, dan tinggal menunggu sampai umur benih siap untuk ditanam.

Traktor ini hanya keluar dari kandangnya saat musim tanam padi dan untuk keperluan mengangkut hasil panen dari sawah kerumah saja. Pada musim hujan saja traktor ini beraksi banyak, selain untuk menggarap lahan milik sendiri, juga untuk membajak lahan sawah milik tetangga ;) .

traktor quick

Sudah lama saya ingin menulis tentang pertanian didaerah saya, tapi karena keadaan saya masih diluar maka belum bisa maksimal :mrgreen: .

21 thoughts on “Saatnya musim tanam padi”

  1. Hi hihi kirain review terselubung, mau ikutan je mas.
    Emak juga hampir tanam nich, sudah mulai hujan juga soalnya di Jombang
    Semoga hasilnya periode ini bagus mas
    Salam hangat dari Surabaya

    iya pak de, amin semoga saja panen kedepan lebih baik. ini cuma cerita diary kok pak ;)

Leave a Reply