Sistem operasi dalam flashdisk

Setelah kemarin saya sharing tentang software portable, maka dalam postingan kali ini akan kita bahas tentang sistem operasi yang dapat dijalankan via flashdisk. Sebelumnya alangkah lebih bagusnya bila kita memahami terlebih dahulu tentang apa itu sistem operasi.

Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

ya itulah gambaran sedikit tentang sistem operasi. Lalu apa hubungannya dengan flashdisk?, ya ada beberapa situs yang memberikan software yang dimana kita dapat menggunakan software tersebut meskipun dalam media flashdisk kita dapat menjalankan sebuah sistem operasi. OK sistem operasi portabel pertama yang kita coba yaitu :

  • Mokafive, Virtualiser MokaFive adalah sebuah program yang kinerjanya bagus dan serba bisa. Sekali klik program ini bisa menginstal linux yang berfungsi penuh pada flashdisk. Program ini tersedia dalam dua versi, yaitu player dan creator. tapi menurut artikel yang saya baca disarankan untuk menggunakan versi creator, karena versi ini dapat membuat live PC, PC virtual yang diemulasikan mokafife. Diwebsite produsen , tersedia banyak live PC yang sobat bisa download secara gratis seperti damn small linux. cara instalasinya, jalankan file setupnya dan pilih flashdisk sebagai folder tujuannya. Setelah instal selesai, jalankan program ini dan klik “add new live PC“. Pilih “Browse the lab“. dari sana, sobat bisa memilih live PC dan akan ditampilkan dalam menu mokafive. Dimenu ini, live PC bisa sobat jalankan. Sobat bisa memilih “make your own live PC” untuk menginstal windows pada flashdisk, namun hal ini membutuhkan flashdisk kapasitas besar.
  • Mojopac, adalah sebuah windows XP lengkap pada flashdisk dan hanya membutuhkan kapasitas flashdisk sebesar 128 MB. Sobat dapat menginstal semua program windows dan menggunakannya seperti windows biasa. Satu-satunya syarat, harus ada windows XP pada PC host. Jadi dengan menggunakan software ini kita bisa gunakan untuk sekedar mencoba-coba software baru, atau otak-atik sistem operasi windows XP.

Itulah sedikit gambaran tentang dua software yang dapat menjalankan sistem operasi dalam flashdisk, dan untuk lebih detailnya bisa sobat baca sendiri di user manualnya di website penyedia produk tersebut.**

referensi : chip edisi 7 09, wikipedia

31 thoughts on “Sistem operasi dalam flashdisk”

  1. Info yang bermanfaat
    *di beberapa distro Linux, ada yang sudah menyertakan USB Startup Disk Creator. Kalau pakai windows, seringkali menyebalkan karena windows tidak bisa probing hardware sebaik linux…
    **itu antispamnya menyebalkan, paranoid!!!

  2. Weh, memang menggunakan Linux itu menyenangkan.
    Terutama sistemnya lebih ringan dan juga gak rawan keserang pirus.
    Tapi saia masih kesulitan, masih nubie.
    lhe a lah, kok malah nanggepi Pak Andy

Leave a Reply